Minggu, 23 Oktober 2022

Review Pengalaman Menggunakan Ban IRC Enviro Selama 2,5 Tahun

Jumpa kembali teman-teman semua

Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya memakai ban IRC Enviro yang saya beli pada 7 April 2020.  Sampai hari ini, 19 Oktober 2022 ban lokal Indonesia ini masih setia saya gunakan dan akan segera saya ganti dengan ban tubeless yang baru. Mengingat alur bannya yang sudah tipis dan kadang terasa tidak stabil di jalanan.

Ban IRC Enviro ini saya beli di DSM (Dunia Sepeda Motor) Kalimalang. Waktu saya beli di tahun 2020 harganya sekitar 160,000 tidak termasuk pentil tapi sudah termasuk jasa pasang. Kalau sekarang saya cek secara online harganya berkisar dari yang paling murah 150,000 sd 187,000 dan ini belum termasuk ongkos kirim dan jasa pasangnya. Kalau kita memang ingin membelinya secara online kita harus tahu harga pasarannya jika kita membeli dan memasangnya di bengkel. Agar tahu perbandingannya. Jangan sampai kita sudah capek-capek membelinya di marketplace tapi ternyata harga di bengkel justru lebih murah dibandingkan secara online.

Untuk informasi, jasa pasang untuk memasang ban depan setahu saya sekitar 20ribu dan ban belakang sekitar 30ribu. Meski ada perbedaan harga dibeberapa bengkel. Tapi tidak akan jauh berbeda menurut saya.

Jadi bagaimana pendapat saya menggunakan Ban IRC Enviro selama dua tahun lebih in?

Jika kita membaca website resmi dari IRC, maka kita akan temukan beberapa keunggulan dari type Enviro ini yang mereka sebutkan, yaitu ban yang dirancang dengan hambatan gulir rendah (hemat bbm) serta ramah lingkungan. Bagaimana bisa ban IRC Enviro ini bisa dikatakan sebagai ban yang hemat bbm dan ramah lingkungan?

Mengutip informasi dari otomotifnet.gridoto bahwa ban IRC bertype Eco yang salah satunya adalah Enviro ini disebut-sebut mampu menggelinding lebih jauh dari ban reguer. Jika kedua ban berjenis Eco dan Reguler digelindingkan secara bersamaan maka ban regular hanya mampu menggelinding hingga 10 meter sedangkan ban Eco ini bisa lebih jauh hingga 20 meter. Karena inilah berefek pada bahan bakar yang lebih hemat karena kita tidak perlu untuk memanteng gas terlalu lama. Ini disebut sebagai ban bertipe low rolling resistant.

Sebenarnya saya masih sangat awan dalam dunia otomotif apalagi jika harus membahas secara detail. Tapi setidaknya menurut saya selama dua tahun lebih menggunakan ban IRC Enviro saya cukup puas. Seingat saya, selama itu saya belum pernah mengalami ban tubeless bocor. Mungkin karena jalanan yang saya lewati baik-baik saja. Ban iRC Enviro ini saya gunakan di Motor saya Supra X Helm In Injection 2013. Motor saya ini lebih sering saya gunakan untuk keseharian berangkat dan pulang kerja dengan total jarak sekitar 50km setiap harinya. Jadi mungkin wajar jika usia pemakaiannya bisa mencapai dua tahun lebih.

Dalam kondisi kering dan basahpun menurut saya ban IRC Enviro ini cukup stabil namun tetap kita harus berhati-hati apalagi ketika kondisi hujan ya. Lalu bagaimana jika kondisi jalanan permukaannya kasar?

Keunggulan yang juga ditawarkan oleh PT Gajah Tunggal sebagai produsen ban IRC ini adalah Shock Absorbent Booster (SAB) yaitu kemampuan untuk mengurangi tingkat guncangan pada saat berkendara di permukaan jalan yang kasar dan tahan terhadap peningkatan suhu panas akibat gesekan pada ban.

Ada istilah yang mengatakan bahwa ‘ada harga ada barang’. Menurut saya ban IRC tergolong ban yang terjangkau meski ada beberapa merk ban yang menawarkan harga lebih murah apalagi yang mahal. Ada merk ban Pirelli dan Michelin yang bisa jadi pilihan lebih baik tentu dengan harga yang lebih mahal. Ada juga merk ban Swallow, FDR, Maxxis, dan lainnya juga yang juga tidak kalah bagusnya. Atau ada merk ban Corsa yang bisa menjadi pilihan dengan review yang umumnya  mengatakan bahwa ban merk corsa ini memiliki usia yang yang tahan lama. Jadi yang mana saja tidak masalah asal sesuai dengan kebutuhan kita dan merawat spare part motor dan menggantinya jika memang sudah tidak layak lagi untuk digunakan.

Secara singkatnya saya ingin katakan bahwa ban IRC Enviro yang saya gunakan di Motor Supra Helm In Injection ini sangat baik. Penggunanaan harian rata-rata 50 km tiap senen hingga sabtu selama dua setengah tahun ini membuat saya akan mempertimbangkan kembali untuk menggunakan merk ban ini.

Kesimpulannya menurut saya ban IRC Enviro ini memiliki durability yang tinggi tentu seperti yang saya katakan di awal ada harga ada barang. Karena masih banyak merk ban lainnya yang dibawah merk ban dari produsen PT Gajah Tunggal ini. Jadi apapun itu tidak masalah selama kita selalu memperhatikan kondisi kelayakan spare part motor kita.

NB : O ia saya ingin mengingatkan salah satu tips yang saya dapat dari teman saya, jika ban tubeless kita kurang angin segeralah untuk diisi jangan paksakan untuk dibawa berkendara. Karena itu akan membuat kondisi ban kita menjadi tidak rata alias ada bagian-bagian yang sedikit menonjol

 

0 komentar:

Posting Komentar