Minggu, 15 Januari 2023

Pengalaman Ganti Rantai Keteng/Timing Supra X 125 Helm In Injeksi

Ilustrasi Bengkel
Back to my blog

Kali ini saya kembali menceritakan tentang Motor Supra X 125 Helm In Injeksi kesayangan saya. Biasa teman-teman motor tahun 2013 penyakit yang sudah mulai banyak karena jarang servis kali yak.

Ceritanya beberapa pekan yang lalu dari sisi kanan dan kiri bagian mesin terdengar suara kletek kletek. Penasaran mengapa suaranya bisa seberisik itu. Oke sebelum kita ke bengkel mari kita cari informasi dasar dulu. Kira-kira apanya ini yang rusak.

Cari-cari sana-sini ada beberapa faKtor yang menyebabkan ini terjadi, beberapa di antaranya adalah rantai timming atau keteng yang sudah mulai kendor, rumah kopling yang bermasalah, tensioner mengalami masalah dan lainnya.

Setelah tahu kira-kira apa saja penyebabnya suara mesin supra X kletek-kletek seperti ini. Saya iseng cari biaya pergantian spare part yang menurut saya akan menghabiskan cukup banyak biaya. Ternyata untuk perbaikan spare part seperti itu memakan biaya yang tidak sedikit. Hehehehe….

Untuk rantai keteng atau timing saja minimal bisa habis sekitar 300 ribu apalagi kalau rumah kopling dan komponennya. Bisa langsung kering ini kantong.

Tapi ini tidak bisa dibiarkan lama-lama. Khawatir nanti komponen yang lain akan berdampak juga dan yang terpenting untuk keselamatan. Akhirnya 7 Januari 2023 Motor Supra X 125 Helm In, saya bawa ke bengkel Dunia Sepeda Motor Kalimalang, Bekasi. Ini memang bengkel favorit saya. Alasannya sederhana karena spare partnya lengkap.

Tapi kalau urusan montir dan mekanik menurut saya di bengkel manapun kurang lebih sama. Bahkan mungin kita punya bengkel langganan karena mekaniknya yang nyaman dan baik.

Sampai disana karena hari minggu jadi pelanggannya banyak sekali hingga harus antri. Sekitar setengah jam menunggu akhirnya mekanik mulai memeriksa motor saya dan saya langsung mendekatinya karena mungkin ada yg perlu saya tanyakan dan mungkin ada yang dia tanyakan juga.

Setelah saya beritahu terkait kendala motor saya, mekanik di sana menyarankan saya untuk datang di hari kerja. Karena kalau datang di hari sabtu atau minggu mekaniknya tidak punya cukup waktu untuk membongkar mesin saya.

Tapi karena tak mau datang percuma akhirnya mekanik menyarankan saya untuk mengganti rantai timing atau keteng terlebih dahulu. Ternyata salah satu penyebabnya ada rantai keteng yang mungkin sudah harus di ganti.

Ketika di bongkar, terlihat bahwa bukan hanya rantai keteng saja tapi banyak spare part pendukung lainnya yang sudah parah habis. Ada yang karetnya sudah tipis bahkan ada bagian yang patah. Parah banget udah ini. Pantesan suaranya kletek-kletek.

Cukup lama juga ternyata untuk mengganti bagian mesin sebelah kiri moton supra saya ini. Singkatnya setelah di ganti saya ke kasir dan membayar biaya yang harus saya keluarkan.

Ternyata cukup mahal juga. O ia, kalau ingin ganti rantai keteng atau timing ini kita juga otomatis harus ganti oli juga ya teman-teman sama jangan lupa isi bensin yang cukup. Karena mekaniknya sempat ambil bensin dari motor saya sekitar satu botol mineral sedang. Untuk membesihkan part dari drat dan juga untuk kepentingan lainnya.

Total biaya yang harus saya keluarkan adalah 281,000.

Nota Pembayaran
Kalau kita rincikan secara detail harga spare part yang harus saya keluarkan sebagai berikut :
  • Rantai Keteng + Rool (G) 25-88 HM as : 85,000
  • Karet Rool Keteng (G) Helm In : 55,000
  • Plat Tahanan Tensioner (G) X-125 : 65,000
  • Oli Enduro 4T 0,8L 20/50 : 41,000
  • Packbrg (G) Kharisma HM : 20,000
  • Karet Stut / Suling Keteng (G) Grand : 15,000
  • Total nya : 281,000 (Sudah termasuk jasa pasang
Jika teman-teman tertarik bisa juga melihat pengalaman saya membeli ban secara daring/online disini

0 komentar:

Posting Komentar