Ilustrasi Bengkel |
Kali ini saya kembali
menceritakan tentang Motor Supra X 125 Helm In Injeksi kesayangan saya. Biasa
teman-teman motor tahun 2013 penyakit yang sudah mulai banyak karena jarang
servis kali yak.
Ceritanya beberapa pekan yang
lalu dari sisi kanan dan kiri bagian mesin terdengar suara kletek kletek.
Penasaran mengapa suaranya bisa seberisik itu. Oke sebelum kita ke bengkel mari
kita cari informasi dasar dulu. Kira-kira apanya ini yang rusak.
Cari-cari sana-sini ada beberapa
faKtor yang menyebabkan ini terjadi, beberapa di antaranya adalah rantai
timming atau keteng yang sudah mulai kendor, rumah kopling yang bermasalah,
tensioner mengalami masalah dan lainnya.
Setelah tahu kira-kira apa saja
penyebabnya suara mesin supra X kletek-kletek seperti ini. Saya iseng cari
biaya pergantian spare part yang menurut saya akan menghabiskan cukup banyak
biaya. Ternyata untuk perbaikan spare part seperti itu memakan biaya yang tidak
sedikit. Hehehehe….
Untuk rantai keteng atau timing
saja minimal bisa habis sekitar 300 ribu apalagi kalau rumah kopling dan
komponennya. Bisa langsung kering ini kantong.
Tapi ini tidak bisa dibiarkan
lama-lama. Khawatir nanti komponen yang lain akan berdampak juga dan yang
terpenting untuk keselamatan. Akhirnya 7 Januari 2023 Motor Supra X 125 Helm
In, saya bawa ke bengkel Dunia Sepeda Motor Kalimalang, Bekasi. Ini memang
bengkel favorit saya. Alasannya sederhana karena spare partnya lengkap.
Tapi kalau urusan montir dan
mekanik menurut saya di bengkel manapun kurang lebih sama. Bahkan mungin kita
punya bengkel langganan karena mekaniknya yang nyaman dan baik.
Sampai disana karena hari minggu
jadi pelanggannya banyak sekali hingga harus antri. Sekitar setengah jam
menunggu akhirnya mekanik mulai memeriksa motor saya dan saya langsung
mendekatinya karena mungkin ada yg perlu saya tanyakan dan mungkin ada yang dia
tanyakan juga.
Setelah saya beritahu terkait
kendala motor saya, mekanik di sana menyarankan saya untuk datang di hari
kerja. Karena kalau datang di hari sabtu atau minggu mekaniknya tidak punya
cukup waktu untuk membongkar mesin saya.
Tapi karena tak mau datang
percuma akhirnya mekanik menyarankan saya untuk mengganti rantai timing atau
keteng terlebih dahulu. Ternyata salah satu penyebabnya ada rantai keteng yang
mungkin sudah harus di ganti.
Ketika di bongkar, terlihat bahwa
bukan hanya rantai keteng saja tapi banyak spare part pendukung lainnya yang
sudah parah habis. Ada yang karetnya sudah tipis bahkan ada bagian yang patah. Parah
banget udah ini. Pantesan suaranya kletek-kletek.
Cukup lama juga ternyata untuk
mengganti bagian mesin sebelah kiri moton supra saya ini. Singkatnya setelah di
ganti saya ke kasir dan membayar biaya yang harus saya keluarkan.
Ternyata cukup mahal juga. O ia,
kalau ingin ganti rantai keteng atau timing ini kita juga otomatis harus ganti
oli juga ya teman-teman sama jangan lupa isi bensin yang cukup. Karena mekaniknya
sempat ambil bensin dari motor saya sekitar satu botol mineral sedang. Untuk membesihkan
part dari drat dan juga untuk kepentingan lainnya.
Total biaya yang harus saya
keluarkan adalah 281,000.
Nota Pembayaran |
- Rantai Keteng + Rool (G) 25-88 HM as : 85,000
- Karet Rool Keteng (G) Helm In : 55,000
- Plat Tahanan Tensioner (G) X-125 : 65,000
- Oli Enduro 4T 0,8L 20/50 : 41,000
- Packbrg (G) Kharisma HM : 20,000
- Karet Stut / Suling Keteng (G) Grand : 15,000
- Total nya : 281,000 (Sudah termasuk jasa pasang
0 komentar:
Posting Komentar